Cara Mengatasi Penyakit Maag dan cara Mengobatinya

Cara Mengatasi Penyakit Maag dan cara Mengobatinya - Cara mengobati maag tergantung dari penyebabnya.Pengobatan untuk sakit maag biasanya adalah dengan membunuh bakteri Helicobacter pylori. jika penyebabnya adalah penggunaan obat-obatan, maka cara mengatasinya dengan mengurangi penggunaan obat tersebut. Bila anda mengobati maag secara medis, biasanya dokter akan memberikan antibiotik guna mengatasi maag yang di sebabkan oleh infeksi bakteri. selain antibiotik, obat untuk menghambat produksi asam lambung serta mempercepat penyembuhan luka juga mungkin diresepkan dokter.




Cukup banyak orang yang mencari obat herbal maag dibandingkan mencari obat medis,obat herbal juga bisa menyembuhkan maag asalkan bisa tekun dalam mengonsumsi obat herbal tersebut dan mengupayakan pola makan sehat untuk lebih mendukung penyembuhan sakit maag.

Pengobatan Maag

Maag bisa disembuhkan tetapi tidak bisa sembuh total, maag adalah penyakit yang dapat kambuh apabila orang yang menderita sakit maag  tidak makan dengan teratur,atau porsi makan yang terlalu banyak, atau dikarnakan sebab yang lain. Pada kasus sakit maag persisten, penggunaan obat-obatan adalah pilihan utama untuk mengatasi kondisi ini. Beberapa contoh obat yang biasanya diresepkan dokter adalah:

  1. Antasida. Obat ini mampu menetralkan asam lambung berlebih agar tidak mengiritasi dinding saluran pencernaan. Antasida dapat dibeli tanpa resep untuk mengatasi gejala sakit maag yang masih tergolong ringan atau menengah.
  2. Obat antagonis reseptor H2 (H2RA). Obat ini mampu mengurangi jumlah asam lambung.
  3. Obat penghambat pompa proton (PPI). Sama seperti H2RA, obat-obatan PPI bertujuan mengurangi kadar asam lambung. Selain itu, obat ini juga bisa diresepkan untuk penderita sakit maag yang mengalami gejala panas dan nyeri di tengah dada.
  4. Alginat. Obat ini biasanya diresepkan pada kasus sakit maag yang disebabkan oleh refluks asam lambung.
  5. Antibiotik. Obat ini akan diresepkan dokter jika sakit maag yang terdeteksi disebabkan oleh bakteri Helicobacter pylori.
  6. Prokinetik. Obat ini mampu meredakan gejala sakit maag dengan cara mempercepat pencernaan makanan.
  7. Obat antidepresan. Obat ini bisa saja diresepkan dokter guna mengurangi gejala nyeri saat sakit maag.


Ada beberapa hal yang bisa dilakukan untuk meredakan sakit maag, di antaranya:

  • Mengurangi atau menghentikan konsumsi zat kafein atau alkohol apabila sakit maag disebabkan oleh kedua zat tersebut.

  • Menghindari makanan ataupun minuman yang bisa memicu sakit maag atau membagi porsi makan ke dalam jadwal makan yang baru (misalnya sebelumnya Anda makan tiga kali sehari, namun masing-masing dalam porsi besar, Anda bisa mengubahnya menjadi empat atau lima kali sehari dengan porsi masing-masing yang lebih sedikit), menghindari minuman yang dapat merangsang pengeluaran asam lambung antara lain : kopi, anggur putih, sari buah sitrus, dan susu menghindari alkohol dan minuman yang mengandung gas dan terlalu banyak serat.

  • Tidak membiarkan diri dikuasai oleh rasa cemas dan mengendalikan stres. Apabila Anda tidak mampu melakukannya, minta bantuan psikiater. Teknik relaksasi atau terapi perilaku kognitif merupakan contoh pengobatan yang mungkin disarankan.

  • Menghentikan konsumsi ibuprofen atau aspirin jika sakit maag disebabkan oleh obat-obat tersebut. Selanjutnya, konsultasikan kepada dokter untuk menentukan obat pengganti.

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Gejala Penyebab Diagnosis Pengobatan dan Komplikasi Penyakit Maag

Penyebab Sakit Maag