Ciri-Ciri Umum Gejala Maag

Ciri-Ciri Umum Gejala Maag - Gejala maag yang sering muncul dam dialami penderita adalah gangguan pada pencernaan berupa perih, kembung, dan begah di bagian perut. Maag biasa kambuh sangat mudah apabila sipenderita kurang teratur dalam menjaga pola makan dan minuman serta kebiasan-kebiasaan ang bisa memicu munculnya kadar asam lambung. 



rasa nyeri yang disebabkan maag dapat menyebabkan naiknya tekanan darah tinggi melewat batas normal orang sehat pada umunya, kenaikan tekanan darah tinggi yang muncul dari maag ini muncul akibat stres si penderit sakit maag.

Pada dasarnya gejala penyakit maag ini terbagi dalam dua jenis, yakni gejala penyakit maag fungsional. Penyakit maag fungsional merupakaan keadaan dimana saluran pencernaan atas yang belum mengalami kelainan secara anatomis.

Yang kedua yakni gejala penyakit maag organik, yang berarti beberapa organ pencernaan atas seperti lambung dan kerongkongan sudah mengalami luka yang serius. Bahkan bukan hanya lambung dan kerongkongan, namun polip dan usus dua belas jari pun sudah mengalami hal yang sama.

Selain rasa nyeri pada perut bagian atas, gejala-gejala sakit maag biasanya berupa:

  • Kembung pada perut bagian atas
  • serign bersendawa
  • cepat merasa kenyang dan rasa kenyang yang berkepanjangan setelah makan
  • mual-mual dan muntah-muntah
  • rasa panas pada perut bagian atas
  • refluks (kembalinya makanan atau cairan dari lambung ke kerongkongan)
  • Nyeri ulu hati atau rasa panas dan nyeri dada, yang muncul ketika sesudah makan.


Sakit maag yang di sertai dengan rasa panas di dalam dada biasanya adalah kasus maag yang bisa terjadi. Bagi Penderita sakit maag, gejala biasanya akan lebih memburuk jika si penderita mengalami stres. selain stres, masuknya udara lewat mulut ketika mengonsumsi makanan juga bisa menyebabkan perut semakin kembung, dan frekuensi sendawa meningkat. Kondisi gejala maag yang patut di waspadai adalah maag akut dan keluhan yang lebih parah. diantaranya bahaya yang beresiko adalah gejala kerusakan pada organ ginjal serta dampaknya pada infeksi dan radang lambung kronis. Radang pada lambung ini akan menyebabkan penyempitan saluran lambung hingga muncul gejala sesak nafas dan bahkan bisa terjadi pendarahan yang menyebabkan penderita bisa hilang kesadran atau pingsan.

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Gejala Penyebab Diagnosis Pengobatan dan Komplikasi Penyakit Maag

Cara Mengatasi Penyakit Maag dan cara Mengobatinya

Penyebab Sakit Maag